PENGETAHUAN ENGINEERING

Mengenal Water Hammer Akibat Thermal Shock

Mengenal Water Hammer Akibat Thermal Shock

Terjadinya indikasi abnormalitas

Kalau ada yang mengatakan terjadinya water hammer bisa diabaikan, maka hal tersebut adalah salah. Karena water hammer dalam skala terkecil sekalipun akan merusak sebuah sistem, setikdaknya memperpendek umurnya.
Oh iya, artikel tentang thermal shock water hammer ini adalah artikel lanjutan dari Artikel ini. Jadi kalau sobat yang mau belajar tentang water hammer bisa buka dahulu artikel tersebut. 
Sedikit review tentang artikel sebelumnya, sobat akan menemukan bahwa water hammer terjadi karena adanya shock akibat penutupan valve atau aliran yang tiba-tiba sehingga terjadi tumbukan dimana-mana dan itulah water hammer akibat hydraulic shock.

Apa bedanya Thermal Shock WH dan Hydraulic Shock WH

Perbedaan keduanya terletak dari penyebabnya. Jika penyabab Hydraulic Shock adalah adanya pemutusan arus secara tiba-tiba maka pada thermal shock adalah karena adanya perbedaan suhu antara satu fluida dengan fluida lainnya sehingga terjadi tumbukan akibat thermal atau panas.

Thermal Shock, Sangat Berbahaya!

Asli bro n sis yang namanya Thermal  Shock itu sangat berbahaya karena dapat menyebabkan terjadinya material stress secara tiba-tiba dan menghasilkan efek ekspansion secara massif. Secara mudahnya suatu benda akan hancur atau minimal retak jika terjadi perpindahan suhu dari panas ke dingin dengan tiba-tiba dan begitu pula sebaliknya. Bagi yang lulusan SMAKBo pasti ingat bahwa ketika mengabukan hasil analisa gravi metri, kita harus melakukan preheating terlebih dahulu dengan teklu baru dilanjut dengan mecker. 
Dalam dunia engineering yang lebih praktikal, untuk menghindari adanya thermal shock ini makanya ada proses preheat terlebih dahulu sebelum pengelasan. So do you get it how dangerous it can be!
Btw bagi yang belum bisa mendapat gambaran seperti apa sih bahaya thermal shock, maka silahkan lihat video dibawah :
Perusahaan pengolahan air dan air limbah membuat sistem water treatment

Water Hammer akibat Thermal Shock

Mungkin sudah banyak literatur yang menyebutkan bahwa kekuatan dari satu kilogram uap air akan setara dengan 800 kilogram air. Dalam hal ini jika dalam suatu aliran pipa tiba-tiba ada masuk satu bagian saja steam, maka bersiaplah pipa tersebut akan mendapatkan beban tambahan setara 800 bagian air. Nah lho bahaya bukan?
Sehingga jika air ketemu steam maka bersiaplah water hammer akan segera terjadi. Dan jika pipanya adalah pipa dengan ketebalan standar atau buka pipa khusus yang menggunakan ekspansion joint, Boom segera panggil dokter beserta suster yang cantik, karena kecelakaan akan terjadi.

Cara Mengatasi/Mencegah Water Hammer akibat Thermal Shock

bagaimana cara penanganan yang tepat

Sebenarnya cara pencegahan ini mungkin tidak hanya untuk water hammer tapi lebih ke general, karena menyangkut safety (Ingat berurusan dengan steam 1 kg sama dengan berurusan dengan air 800 kg gram).

1 Pemasangan Pressure Reducing Valve
2 Pemasangan Steam Traps (Untuk pipa yang sangat panjang bisa setiap 30-40 meter)
3 Pemasangan Drip Trap pada condensate Flow
4 Penggunaan Ekspansion Join yang model loop
Tapi pada intinya untuk mencegah terjadinya water hammer akibat thermal shock ini maka dalam mendesain sebuah sistem diharapkan meminimalisir adanya pertemuan antara air dingin dengan steam.
Nah sekian dulu tentang water hammer akibat thermal shock ini. mudah-mudahan di artikel mendatang kita akan membahas tentang water hammer akibat differential pressure.
Salam Hangat

Bacaan terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *