Eddy Current jasa ndt jakarta jasa ndt murah ndt

DEFINISI EDDY CURRENT DAN FUNGSINYA

EDDY CURRENT DEFINISI DAN FUNGSI

adalah suatu metode yang biasa digunakan untuk menggambarkan medan magnet akibat listrik
Pengujian menggunakan Metode Eddy Current

Definisi Eddy Current

Eddy Current (biasa disebut juga dengan Foucault Current) adalah perputaran dari arus listrik yang diinduksi di dalam konduktor dengan mengganti medan magnet yang terdapat di dalam konduktor berdasarkan hukum induksi Faraday.

Eddy Current mengalir didalam loop yang tertutup pada konduktor, dalam bidang yang tegak lurus dengan medan magnetik. Arus Eddy Current dapat diinduksi di dalam konduktor yang tidak dapat diubah oleh medan magnet yang bervariasi waktu yang dihasilkan dari sebagai contoh elektromagnetik AC atau trafo, atau dengan pergerakan relative antara magnet dengan konduktor yang ada didekatnya. 
Besaran dari arus yang diberikan oleh perputaran/loop adalah sebanding dengan kekuatan medan magnet, area perputaran, dan tingkat perubahan arus, serta berbanding terbalik dengan resistivitas material.

Reaksi Eddy Current Terhadap Medan Magnet

Menurut hukum Lenz, Eddy Current menciptakan medan magnet yang menentang perubahan medan magnet yang diciptakan tersebut, dan dengan demikian Eddy Current bereaksi kembali kepada sumber medan magnet. Sebagai contoh, permukaan yang konduktif yang terdekat akan mendesak gaya tarik pada pergerakan magnet yang berlawanan arah geraknya. 

Hal itu disebabkan karena Eddy Current diinduksi oleh permukaan medan magnet yang bergerak. Efek tersebut bekerja pada sistem pengereman Eddy Current yang mana digunakan untuk menghentikan perputaran dari peralatan alat listrik secarap cepat pada saat dimatikan. 
Arus tersebut mengalir melalui tahanan konduktor dan juga membuang energi panas pada material. Jadi, Eddy Current adalah penyebab hilangnya energi pada inductor AC (alternating current), trafo, motor elektrik dan generator, serta mesin AC lainnya, sehingga dibutuhkan perlakuan khusus pada saat pembuatan seperti dengan menggunakan inti magnet yang dilaminasi atau inti besi untuk meminimalkan efeknya. Eddy current juga digunakan untuk memanaskan sebuah objek di dalam tungku dan peralatan pemanasan induksi, dan untuk mendeteksi retak dan cacat pada bagian logam.

Lihat juga : Jasa Pembuatan TPS B3

Asal Istilah Eddy Current

Istilah Eddy Current datang dari arus analog yang terlihat didalam air pada dinamika fluida yang menyebabkan daerah terlokalisir oleh turbulensi yang diketahui sebagai putaran arus yang menimbulkan vortisitas/pusaran air secara terus menerus. Secara analogi Eddy Current akan membutuhkan waktu untuk diciptakan dan hanya dapat bertahan dalam waktu yang singkat karena sifat keinduktansiannya.

Sejarah Eddy Current

Orang pertama yang meneliti Eddy Currents adalah Franҫois Arago (1786-1853), seorang perdana menteri Perancis yang ke-25, juga seorang ahli matematika, fisikawan dan ahli astronomi. Pada tahun 1824 dia meneliti sesuatu yang disebut rotasi magnet, dan menemukan benda yang paling konduktif yang dapat dipengaruhi magnet, hal ini sudah sudah dipelajari secara komplit dan dijelaskan oleh Michael Faraday (1791-1867).

Pada 1834, Heinrich Lenz menemukan Hukum Lenz yang menyatakan bahwa medan magnet pada arah arus listrik yang terinduksi pada sebuah benda akan melawan medan magnet perubahan aliran magnetic yang menyebabkan arus mengalir. Eddy Current menghasilkan bidang sekunder yang mengubah bidang eksternal dan menyebabkan aliran eksternal tersebut bergerak menghindari konduktor.

Fisikawan Perancis, Léon Foucault (1819-1868) dianggap sebagai penemu Eddy Currents. Dia menemukan bahwa gaya yang dibutuhkan pada perputaran cakram tembaga menjadi lebih besar pada saat sisi cakram diletakkan diantara kutub magnet, pada saat yang sama cakram tersebut menjadi panas dikarenakan Eddy Current diinduksi didalam logam. Penggunaan Eddy Current pada NDT dimulai pada tahun 1879 ketika David E. Hughes menggunakan prinsip Eddy Current pada tes metallurgical sorting.

cara untuk melakukan analisa dengan metode eddy current

Penjelasan Eddy Current

Sebuah magnet menginduksi perputaran arus listrik pada lembaran logam yang bergerak melewatinya. Perhatikan Gambar 1. Gambar tersebut menunjukkan lembaran logam yang bergerak ke kanan dibawah magnet. Kutub utara medan magnet melewati lembaran itu. Karena logam tersebut bergerak, aliran magnet pada lembaran tersebut berubah. Pada bagian lembaran di bawah tepi depan magnet (sisi kiri), medan magnet melalui lembaran meningkat saat semakin dekat magnet. Menurut hukum induksi Faraday, hal ini menimbukan lingkaran medan listrik pada lembaran berlawanan dengan arah jarum jam disekitar garis medan magnet. Bidang tersebut menginduksi arus listrik yang berlawanan arah jarum jam pada lembaran tersebut. Hal tersebut yang disebut Eddy Current. Pada tepi magnet (sisi kanan), medan magnet meningkat, menginduksi aliran Eddy Current yang kedua pada lembaran logam searah jarum jam. 


Cara lain untuk mengerti tentang Eddy Current adalah dengan melihat pembawa muatan bebas (elektron) pada lembaran logam yang bergerak ke kanan, sehingga berdasarkan gaya Lorentz, medan magnet akan menimbulkan gaya samping pada lembaran logam tersebut. Karena kecepatan muatan (v) bergerak ke kanan dan medan magnet (B) mengarah ke bawah, berdasarkan kaidah tangan kanan, gaya Lorentz berada pada muatan positif F = q (v x B) mengarah ke belakang diagram (ke kiri saat menghadap arah gerak v). Hal ini terjadi diakibatkan karena arus yang mengarah ke bawah belakang magnet, yang berputar mengelilingi bagian dari lembaran tersebut berada diluar medan magnet, berputar searah jam ke kanan dan berlawanan arah jam ke kiri, dan ke arah depan magnet.

Bacaan terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *